top of page
Search
  • Writer's pictureyogsinauuny

RANGKAIAN KEGIATAN

Updated: Dec 19, 2018



Pamflet YOG Sinau!

  • Upacara Pembukaan/ Opening Ceremony

Opening ceremony ini merupakan awal dari beberapa rangkaian acara dalam YOG SINAU! yang akan menjadi penanda bahwa kegiatan pameran ini resmi dibuka untuk masyarakat umum.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh Kepala Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, dosen dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan serta perwakilan dari HIMA Teknologi Pendidikan FIP UNY 2018. Acara akan diselenggarakan di Abdullah Sigit Hall , FIP, UNY pada tanggal 30 Januari 2018.


  • Workshop “Pemanfaatan Motion Graphic Dalam Pembelajaran”

Dalam dunia desain grafis, terdapat seni atau teknik untuk menggerakan gambar diam menjadi gambar gerak agar terlihat menarik, dinamis dan tidak membosankan. Seni atau teknik tersebut disebut Motion Graphic. Motion Graphic merupakan salah satu jenis seni yang sedang berkembang pesat, khususnya dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dikarenakan, motion graphic mampu mengubah sesuatu yang terlihat ‘kaku’ menjadi sesuatu yang menarik dan dapat menarik perhatian peserta belajar.

Workshop Pemanfaatan Motion Graphics Dalam Pembelajaran merupakan salah satu rangkaian acara yang diadakan dalam agenda Pameran Pendidikan “Yog Sinau!”. Acara ini diselenggarakan dalam rangka mengenalkan kepada khalayak umum mengenai pemanfaatan media pembelajaran Motion Graphic dalam dunia pendidikan.

Dalam acara ini, akan dikupas mengenai bagaimana kriteria Motion Graphic yang baik dan menarik hingga mengenai pemanfaatan media ini dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan minat belajar. Dalam acara ini, akan dihadirkan dua pembicara dari ahli dari bidang motion graphic dan teknolog pendidikan. Kedua pembicara tersebut nantinya akan mengupas materi mengenai motion graphic melalui dua sisi, yaitu sisi seni dan sisi pendidikan.

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 30 Januari 2018 bertempat di Abdullah Sigit Hall, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta dengan target peserta berjumlah 80 orang.


  • Presentasi Lomba Media Pembelajaran

Kegiatan ini merupakan kegiatan penjurian terhadap karya motion graphic peserta yang diikutsertakan dalam Lomba Media Pembelajaran.

Dalam kegiatan ini akan dihadiri oleh 10 besar finalis yang kemudian secara satu persatu akan mempresentasikan hasil karyanya kepada khalayak dan juri.

Presentasi ini akan dinilai oleh 2 juri ahli. Aspek penilaian dalam Lomba Media Pembelajaran ialah originalitas ide, kesesuaian dengan tema, komposisi dan presentasi.

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 30 Januari 2018 bertempat di Abdullah Sigit Hall, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.


  • Lomba Mewarnai

Pameran Pendidikan “YOG Sinau!”, mengusung tema “Sekolah sing Ngedukasi”, secara harfiah tema ini memiliki makna bahwa sekolah (baik formal maupun nonformal) harus terus ‘mengedukasi’ para peserta didiknya. Mengedukasi disini, selain memberikan ilmu, juga memfasilitasi seluruh peserta didiknya agar terus mampu untuk mengembangkan kemampuan berfikir juga minat dan bakatnya.

Konsep ini diterapkan dalam lomba yang diusung oleh Pameran Pendidikan “YOG Sinau!”. Dalam kegiatan kali ini, diadakan lomba mewarnai untuk anak-anak usia Tamak Kanak-Kanak (TK) tingkat DIY.

Tujuan dari kegiatan ini ialah memfasilitasi, khususnya anak-anak TK untuk meningkatkan kemampuan kreativitas dan kognitifnya melalui lomba mewarnai. Kegiatan ini berusaha untuk menggali potensi anak-anak usia TK di DIY, khususnya dalam bidang seni. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 31 Januari 2018 bertempat di Museum Pendidikan Indonesia dengan target peserta berjumlah 30 peserta.


  • Pameran Pendidikan

Pameran Pendidikan “YOG Sinau!” merupakan pameran pendidikan yang menyuguhkan multimedia pembelajaran, audio video pembelajaran, alat permainan edukatif, modul-modul pembelajaran, hingga metode-metode pembelajaran, dari tiga konsentrasi di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Ketiga konsentrasi tersebut meliputi Teknologi Kinerja, Pengelolaan Pembelajaran dan Pengembang Media Pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memamerkan hasil karya mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dalam upayanya memfasilitasi pembelajaran melalui karya-karya dan produk kami. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 30 sampai 31 Januari 2018 bertempat di Museum Pendidikan Indonesia.

Kegiatan pameran ini dibagi menjadi 3 area antara lain: (1) Area Teknologi Kinerja; (2) Area Pengelolaan Pembelajaran; dan (3) Area Pengembang Media Pembelajaran. Setiap area menampilkan secara spesifik karya-karya dan produk hasil dari pengembangan di ketiga konsentrasi tersebut.


  • Education Discuss

Kegiatan ini akan diisi oleh 3 komunitas yang berasal dari DIY untuk saling berbagi ilmu mengenai pendidikan yang memerdekakan.

Kegiatan yang diperuntukkan bagi kalangan umum ini akan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2019 bertempat di Abdullah Sigit Hall FIP UNY. Target peserta yang akan mengikuti sharing komunitas ini adalah 60 orang.


  • Lomba Fotografi

Lomba fotografi diadakan untuk umum.

Perlombaan yang bertemakan “Fenomena Pendidikan Masa Kini”

Akan diselenggarakan secara online dan untuk pengumuman pemenang akan disampaikan pada saat acara closing ceremony.


  • Upacara Penutupan/ Closing Ceremony

Rangkaian kegiatan Pameran Pendidikan “YOG Sinau!” akan ditutup dengan closing ceremony.

Acara ini meliputi pengumuman lomba-lomba yang telah diadakan dan diselingi dengan hiburan-hiburan yang akan ditampilkan oleh pengisi acara.

Pengumuman lomba meliputi lomba mewarnai untuk TK tingkat DIY, lomba photo contest, lomba media pembelajaran, dan lomba fotografi. Sedangkan hiburan akan diisi oleh penampilan Tari Saman dari Jurusan Psikologi UNY, akustik dari Teknologi Pendidikan 2015, acapella dan ditutup dengan penampilan akustik dari Teknologi Pendidikan 2016.

24 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page